Friday, October 5, 2007

Selamat Berpuasa

Setiap tahun bulan Ramadhan atau yang biasa disebut Bulan Puasa datang. Setiap tahun pula umat Islam di seluruh dunia melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh memenuhi perintah Allah SWT sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW. Sebuah perintah pasti mempunyai sebuah tujuan. Allah SWT tidak akan memerintahkan sesuatu pun kepada manusia (yang beriman) tanpa ada tujuan yang akan dicapainya.
Nah, sebagaimana bunyi ayat 183 dalam Surat Al Baqarah yang artinya; "Wahai orang-orang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan pula kepada orang-orang sebelum kamu supaya kamu bertaqwa."
Ternyata tujuan dari ibadah puasa adalah "agar supaya orang-orang beriman itu juga bertaqwa." Jadi, jelaslah bahwa puasa merupakan salah satu cara bagi orang-orang beriman untuk menjadi orang bertaqwa. Logikanya iman saja belum cukup, perlu amaliah (karya nyata), dan amaliah perlu arahan yang benar supaya amalnya diterima Allah SWT. Puasa menjadi sangat penting sebagai cara untuk mem-back-up kejiwaan seseorang supaya dalam beriman benar, beramal benar, dan akhirnya menjadi golongannya orang-orang yang bertaqwa. Siapa yang tidak ingn masuk golongannya orang bertaqwa? Karena itu mari kita laksanakan ibadah puasa dengan penuh kesungguhan, supaya yang kita dapat bkan sekedar lapar dan dahaga.

No comments: